Kembali ke Index

 

Cara Menentukan Azimut dan Alevasi Pointing

Antena Parabola ke Satelite dengan SatFinder 4.9

 

Download dahulu file mentahannya disini , dan copy ke dalam drive lokal. Kemudian lakukan proses instalasi , next - next  bla bla bla .....

Lalu masuk ke Start - Programs - SatFinder - SatFinder.exe

Pada kolom lajur sebelah kiri ( Latitude dan Longitude ) adalah merupakan parameter dari koordinat tempat yang akan kita hitung Azimut dan Elevasinya. Sedangkan tabel dilajur sebelah kanan adalah daftar nama-nama satelite beserta posisinya, yang kemudia dilanjutkan dengan hasil hitungan dari software ini mengenai Azimut dan Elevasi berdasarkan data-data yang yelah kita masukan ke dalam lajur Latitude dan Longitude.

Untuk latihan, anda dapat mencari koordinat salah satu lokasi kota terdekat dengan anda di google.com. Kami ambil contoh disini dengan menggunakan koordinat kota Balikpapan sebagai berikut :

Maka masukan data-data diatas ke dalam lajur sebelah kiri , seperti berikut ini:

Perhatikan hasil perhitungan dari software di lajur tabel sebelah kanan :

Maka untuk pointing ke satelite Telkom 1 yang berada di posisi 108E - Azimut berkisar 278 dan elevasi berkisar 79.4

 

Maka untuk pointing ke satelite Telkom 2 ( Palapa 7 B4 ) yang berada di posisi 118E - Azimut berkisar 41.2 dan elevasi berkisar 88

Hasil pengamatan kami selama menggunakan software ini , pada saat berada dilapangan hitungannya dapat diandalkan. Jadi arah satelite yang dimaksud tidak bergeser lebih dari atau berkisar 2 sampai dengan 5 dari perhitungan diatas.

Untuk antena parabola type True Focus maka hitungan Azimut dapat kita gunakan langsung. Namu apabila antena parabola yang akan kita gunakan dengan type Off Set, maka hitungan Azimut tersebut dikurangi 22.6.

Yang perlu diperhatikan juga adalah slot transponder yang akan digunakan, apakah Vertical atau Horisontal. Hal ini akan menentukan posisi kemiringan dari feed horn antena parabola. Hal ini juga terkait dengan seting Frequensi Up-Down Center yang ada di perangkat Out Door Unit yang kita gunakan.

 

Kembali ke Index